RESERVASI ONLINE
Pesawat, Kereta Api, Hotel & Attraksi Wisata
PAKET WISATA IBADAH
Domestik & International
PAKET IBADAH UMROH 2018
04118954244
WA 082188882994

Masjid Quba’

Tuesday, September 15th 2015.

Umroh dan haji makassar , Biaya umroh haji kota makassar

 

Masjid Quba’ adalah masjid yang pertama kali dibangun pada tanggal 8 Rabiul Awal 1 Hijriyah / 622 M oleh Rasulullah SAW dan para shahabat pada saat kedatangan beliau ke Madinah. Masjid yang memiliki daya tampung 20.000 jama’ah ini terletak di perkampungan Quba’, sekitar 4 km dari arah tenggara kota Madinah. Quba’ diambil dari nama sebuah sumur. Masjid dengan luas 5.035 meter persegi ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Renovasi pertama oleh khalifah Umar bin Abdul Aziz dan terakhir renovasi dilakukan oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz pada tahun 1405 H/1986 M.

Masjid Quba terletak di luar kota madinah tepatnya sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. Masjid Quba yang saat ini berbeda dengan mesjid quba pada saat zaman Rasulullah saw dulu, yang saat ini berdiri adalah mesjid yang telah direnovasi dan diperluas pada masa Kerajaan Arab Saudi. Renovasi dan perluasan masjid quba telah menelan biaya sebesar 90 juta riyal dengan daya tampung hingga 20 ribu jamaah. Renovasi dilakukan pada tahun 1986.

Zaman dulu saat dibangun, masjid ini berdiri diatas kebun kurma dengan luas 1200 meter persegi, dan saat ini luas mesjid quba sekitar 5.035 meter persegi. masjid ini memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama tempat masuk para jamaah ke dalam masjid. Dua pintu diperuntukkan untuk masuk para jamaah laki-laki sedangkan satu pintu lainnya sebagai pintu masuk jamaah perempuan. Diseberang ruang utama mesjid, terdapat ruangan yang dijadikan tempat belajar mengajar.

Sejarah Masjid Quba

Sahabat Nabi yang bernama Sayyidina Ammar Radhiyallahu ‘anhu dan kedua orang tuanya telah banyak mengalami siksaan yang amat pedih demi mempertahankan keimanan dan tauhid. Mereka dibaringkan di padang pasir di bawah terik matahari Makkah yang panas sekali. Setiap Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam lewat di depannya, beliau menasihati mereka, “Bersabarlah, wahai keluarga Yasir, janji Allah untuk kalian adalah surga”.

Akhirnya, ayah Sayyidina ‘Ammar Radhiyallahu fanhu yang bernama Yasir Radhiyallohu ‘anhu wafat akibat penyiksaan itu. Kaum Musyrikin Mekkah tidak membiarkan dia dan keluarganya hidup tenang sampai ia wafat. lbu Sayyidina ‘Ammar Radhiyallahu eanhu yang bernama Sumayyah Radhiyallahu ‘anha, ditikam kemaluannya dengan tombak oleh Abu Jahal yang terkutuk, sehingga ia pun mati syahid. la tidak meninggalkan Islam walaupun mengalami berbagai penderitaan di saat umurnya sudah tua dan fisiknya sudah lemah. Walaupun begitu, Abu Jahal tidak menaruh belas kasihan kepadanya. Dialah orang yang pertama kali mati syahid dalam sejarah Islam.

Pelajaran

Aallah menyatakan bahwa masjid Quba’ dibangun atas dasar ketakwaan dalam firmanNya,

Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa [Masjid Quba’] sejak hari pertama itu lebih patut untuk kamu shalat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.” [QS. At-Taubah : 108]

Ibnu Umar radhiyallaahu ‘anhuma menceritakan bahwa Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam sering berjalan kaki atau menaiki tunggangannya mengunjungi masjid Quba’, khususnya pada hari sabtu. [HR. Bukhari]

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba’, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah.” [HR. Ibnu Majah, shahih]

Berkunjung ke masjid ini akan mengingatkan kita tentang peristiwa bersejarah hijrahnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam ke Madinah dan pentingnya peranan masjid dalam mewujudkan kejayaan Islam. Sebagaimana masjid ini juga mengingatkan kita untuk senantiasa menjaga keikhlasan dalam memakmurkan masjid, baik dalam memakmurkan fisik masjid maupun ibadah yang ditunaikan di dalamnya.

Share Button
(Visited 316 times, 1 visits today)